topbella

Selasa, 11 Oktober 2011

Mendiagnosis permasalahan pada jaringan

Computer yg terhubung jaringan sering kali mengalami gangguan kerusakan baik sisi hardware atau software . hal nin di sebabkan banyaknya pengguna computer yg terhubung dalam system jaringan
faktor2 yg dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan kompter adalah :
1. Tegangan listrik
2. mati atau tidak berfungsinya komponen pada jaringan
Tegangan listrik dapat menyebabkan gangguan apabila teganngan yg di hasilkan tidak stabil, sering terjadi naik turun atau mati mendadak dari sumber PLN.
Computer yg kita gunakan sering mati mendadak karena sumber listrik mati dan dapat menyebabkan computer yg di gunakan akan cepat rusak. Sehingga akan mempengaruhi jaringan apabila terjadi kerusakan pada computer workstation maupun di computer server.
Dalam system jaringan LAN sering kita menyebutkan permasalahan yg menyebabkan seluruh atau sebagian jaringan terganggu di sebut jaringan dalam kondisi down.
Down dalan jaringan LAN lebih mudah diatasi karena kita dapat mendeteksi melalui indicator-indikator yg si perlihatkan oleh komponen jaringan antara lain :
a. server
b. workstation
c. Hub/switch
d. Network Interface
e. Kabel dan konktor
apabila computer server mengalami kerusakan atau gangguan secara otomatis seluruh jaringan tidak berfungsi karena server merupakan pintu masuk dan sebagai pusat jaringan. Jadi apabila seluruh jaringan tidak dapat berfungsi berarti terjadi gangguan atau kerusakan pada server.

Apabila terjadi kerusakan pada computer workstation, berarti computer yg di gunakan tidak dapat masuk pada jaringan sehingga tidak dapat berkomunikasi dengan computer server manapun computer lain dalam jaringan .

Apabila terjadi kerusakan pada HUB dapat di lihat pada lampu indicator power dan lampu indicator untuk masing-masing computer workstation. Apabila lampu indicator HUB/switch mati berarti kemungkinan besar HUB tersebut rusak.

Indicator yg dapat di lihat dari kerusakan kartu jaringan adalah matinya lampu indicator yg terdapat pada kartu jaringan dan lampu indicator pada HUB/switch saat computer telah hidup dan konektifitas kabel dari kartu jaringan danlamp indicator di HUB/switch telah baik.

Jenis kabel serat optic menggunakan konektor SC dan ST. gangguan dan kerusakan pada kabel dan konektor jenis serat optic sangat jarang, tetapi memerlukan penanganan secara khusus untuk perawatan jaringan.

Gangguan atau kerusakan pada kabel UTP, pada lampu indicator yg tidak hidup pada kartu jaringan atau pada HUB/Switch. Hal tersebut dikarenakan konektor yg tidak terpasang dengan baik(longgar), susunan pengkabelan yg salah dan kabel putus.

•Kabel  jenis  coaxial memiliki akses yang cukup lambat bila dibandingkan jenis kabel lainnya   dan   sering   terjadi   gangguan   karena   konektor   yang longgar  (tidak  konek),  kabel  short  dan  kabel  terbuka  resistor pada terminating conector.


0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto Saya
Giena_Zee
Tasikmalaya, Jawa barat, Indonesia
Banyak berhayal dan berimajinasi, memiliki mimpi dan berusaha mewujudkannya..
Lihat profil lengkapku